Android Lelet? Ini Tips Cara Meningkatkan Performa Android

Tips Cara Meningkatkan Performa Android

Android menjadi salah satu OS terbaik yang saat ini lebih banyak dipilih oleh smartphone. Pada awalnya semua pemakai ponsel dengan OS Android akan merasa sangat puas, karena kinerja yang lebih cepat dan maksimal. Namun setelah penambahan beberapa aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan maka biasanya ponsel akan bekerja lebih lambat atau bahkan bisa sama sekali tidak bekerja. Hal inilah yang menjadi keluhan semua pemakai Android. Berbagai aplikasi yang kamu sukai dan tersedia dengan gratis di Google Play tidak bisa diinstal bahkan ketika memori ponsel masih ada ruang yang cukup. Berikut ini adalah beberapa tips singkat untuk meningkatkan performa Android kamu.

Tips Cara Meningkatkan Performa Android

Pilih Aplikasi yang Tepat

Sebelum kamu memilih berbagai macam aplikasi yang mungkin sangat berguna untuk Anda, maka kamu harus memahami kemampuan ponsel Android. Pada dasarnya ada berbagai jenis tingkat Android yang sesuai dengan beberapa aplikasi. Jangan memasang aplikasi yang tidak sesuai dengan tingkat perangkat dalam ponsel kami. Jadi kamu harus memahami kemampuan dan kekurangan ponsel itu sendiri dan jangan membebani ponsel dengan aplikasi yang berat jika tidak sesuai dengan sumber daya ponsel Android kamu.

Rubah Firmware Terbaru

Semua ponsel Android biasanya dirancang dengan firmware terbaru mengikuti seri dari kelas ponsel. Hal ini berlaku untuk semua jenis merek ponsel, baik ponsel merek lama maupun merek terbaru. Google sebagai salah satu pemilik Android selalu mengembangkan sistem firmware pada Android. Semua pembaharuan ini digunakan untuk membuat ponsel kamu bisa bekerja sesuai perkembangan aplikasi, membuat kecepatan yang lebih baik dan membuat sistem fitur koneksi menjadi lebih cepat. Pembaharuan sistem ini bisa dilakukan hingga tingkat Android terbaru misalnya Jelly Bean.

Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Kamu pasti selalu melihat beberapa aplikasi terbaru dalam Google Play. Setelah melihat tampilan aplikasi maka biasanya banyak orang yang tertarik. Sebenarnya aplikasi mengambil beberapa ruang penyimpanan dalam ukuran tertentu yang bisa membuat ponsel bekerja lebih lambat. Semakin banyak ruang penyimpanan yang dipakai untuk aplikasi maka sistem kerja Android akan lebih lambat. Untuk mengatasi hal ini maka kamu bisa menghapus aplikasi yang benar-benar tidak terpakai. Kamu bisa menghapusnya langsung dari Google Play.

Jangan Lupa Update Aplikasi

Update aplikasi pada Android memang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Banyak pemakai Android yang tidak melakukan update dan membuat ponsel mereka menjadi lebih lambat atau beberapa aplikasi tidak terpakai dan hanya menambah beban ruang penyimpnana. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah selalu upadet aplikasi yang selalu ditawarkan oleh Google Play. Kamu bisa memakai sistem otomatis dan hanya memerlukan sambungan data. Aplikasi yang diperbarui akan membuat Android kamu lebih cepat bekerja dan sesuai dengan tujuan.

Matikan Fitur Sinkroninasi

Fitur “Sync” atau sinkronisasi memang sangat baik untuk meningkatkan kinerja semua data atau aplikasi yang bekerja untuk Google dalam ponsel. Namun fitur ini juga bisa membuat kinerja Android menjadi lebih lemah. Tehnik yang lebih baik untuk dilakukan adalah membuat pengaturan sinkronisasi dalam beberapa waktu tertentu. Kamu bisa mengaturnya saat benar-benar membutuhkan atau hanya secara berkala jika memang diperlukan untuk pekerjaan. Misalnya saja adalah fitur email, atau pemberitahuan update aplikasi.

Langkah lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga performa Android adalah dengan matikan widget. Banyak orang mengaktifkan widget karena menganggap ini adalah aplikasi padahal bukan. Beberapa widget yang sering digunakan adalah fitur cuaca, tanggal, waktu dan lokasi. Kamu bisa memilih widget tertentu saja sesuai dengan kebutuhan.

Ini Cara Merawat Baterai HP Tanam Agar Awet & Tahan Lama
Ini Cara Merawat Baterai HP Tanam Agar Awet & Tahan Lama
Saat ini, baterai android yang dirancang dengan
Cara Mengenali Kewajaran Level XP Trainner pada Pokemon GO
Cara Mengenali Kewajaran Level XP Trainner pada Pokemon GO
Sejak pertama kali rilis, banyak Trainner Indonesia
4 Aplikasi GPS Android Terbaik (Offline dan Online)
4 Aplikasi GPS Android Terbaik (Offline dan Online)
Melakukan travelling entah itu backpakeran atau tidak
Mudahnya Memindahkan Data / Obb Game Android ke SD Card
Mudahnya Memindahkan Data / Obb Game Android ke SD Card
Cara Memindahkan Data/obb Games Android Ke SD
Must read×

Top