Ini Cara Merawat Baterai HP Tanam Agar Awet & Tahan Lama

Saat ini, baterai android yang dirancang dengan cara ditanam, atau non removable, memang sudah menjadi trend tersendiri, bahkan untuk jenis perangkat gadget lainnya lainnya, seperti laptop, hingga tablet yang mana memang dari tampilan smartphone khususnya yang menggunakan jenis baterai non removable akan lebih terlihat langsing dan juga lebih elegan.

Namun selain dari sisi desainnya yang ramping dan menarik, ternyata keawetan jenis baterai ini memang dikhawatirkan oleh sebagain besar pengguna gadget.

Memang ketika baterai android dengan jenis non removable sudah mengalami error atau kerusakan, maka perbaikan yang dilakukan akan jauh lebih sulit dibandingkan dengan jenis baterai yang bisa dilepas atau removable. Namun sobat sebaiknya tidak perlu mengkhawatirkan akan keawetan dari baterai non removable ini, karena ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk menjaga keawetan baterai android.

Dibawah ini adalah beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan untuk merawat baterai HP Android yang non removable.

Gunakan Charger Ori

Sesuaikan standar HP sobat dengan menggunakan charger Ori atau asli yang mana akan sangat berpengaruh pada kelangsungan baterai android. karena charger yang asli ini, akan memiliki daya arus listrik yang standar sesuai kebutuhan dari smartphone. hal ini dikarenakan pada saat pembuatan charger Ori, sebelumnya produsen sudah melakukan riset terlebih dahulu, agar bisa sesuai dengan kapasitas daya baterai dan jenis smartphone yang sobat miliki.

Selain itu, jika sobat menggunakan charger non Ori, dikhawatirkan akan menghantarkan tegangan yang berbeda, dan akan menyebabkan kerusakan pada baterai dalam jangka waktu lama.

Charge handphone ketika mendekati habis

Jangan biarkan smartphone dalam keadaan habis daya bateranya, karena jika hal ini berlangsung terus menerus, maka akan menyebabkan umur smartphone menjadi lebih pendek. Maka dari itu, charge handphone sobat ketika sudah hampir habis dan pastikan mencharge smartphone dengan charger yang asli.

Jangan mencharging secara berlebihan

Selain itu, sebaiknya, jangan mengisi daya baterai secara berlebihan. Setelah daya baterai terisi penuh, maka sesegera mungkin lepas dari charger. Jika sobat kerap mengisi baterai secara berlebihan, maka yang terjadi adalah umur baterai bisa berlangsung lebih singkat. Namun saat ini juga banyak smartphone android yang memiliki fitur dimana ketika sudah mengisi penuh baterai, akan menghentikan arus secara otomatis.

Jangan gunakan ponsel ketika sedang diisi

Kebiasaan yang kurang baik adalah menggunakan ponsel ketika sedang melakukan pengisian, baik itu untuk bermain game, MP3, hingga menelpon. Hal ini akan membuat suhu baterai menjadi cepat panas, dan tentu saja akan lebih mudah berkurang secara drastis. Selain itu, kebiasaan yang satu ini juga akan menyebabkan baterai smartphone akan menjadi menggembung.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat baterai android agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat ya. 

Cara Mengenali Kewajaran Level XP Trainner pada Pokemon GO
Cara Mengenali Kewajaran Level XP Trainner pada Pokemon GO
Sejak pertama kali rilis, banyak Trainner Indonesia
Mudahnya Memindahkan Data / Obb Game Android ke SD Card
Mudahnya Memindahkan Data / Obb Game Android ke SD Card
Cara Memindahkan Data/obb Games Android Ke SD
Cara Unlock All Character di Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 3
Cara Unlock All Character di Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 3
All Character di Naruto Shippuden Ultimate Ninja
Begini Cara Mengambil Screenshot di HP Android Tanpa Aplikasi
Begini Cara Mengambil Screenshot di HP Android Tanpa Aplikasi
Cara Mengambil Screenshot Layar di Smartphone atau
Must read×

Top